Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 00:47 WIB

BMKG Imbau Waspadai Bencana Jelang Natal

Oleh : Willi Nafie | Senin, 17 Desember 2018 | 17:43 WIB

Berita Terkait

BMKG Imbau Waspadai Bencana Jelang Natal
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 terdapat aliran massa udara dingin dari Asia yang mempengaruhi kondisi cuaca sehingga memicu potensi hujan lebat di sekitar Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung.

Kemudian dorongan massa udara kering dari wilayah selatan jawa masih memicu potensi angin kencang di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

"Masyarakat perlu memahami bahwa periode bulan November hingga April merupakm periode pertumbuhan siklon tropis di wilayah selatan Indonesia. Potensi pertumbuhan siklon secara umum dapat berdampak pada peningkatan potensi hujan di wilayah yang berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung seperti hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi di wilayah perairan selatan Indonesia," ucap Dwikorita, Senin (17/12/2018).

Dia juga mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, terutama pada periode 20-22 Desember 2018 diprakirakan akan terjadi hujan lebat di beberapa wilayah.

"Kondisi tersebut, dipicu oleh penguatan aliran udara dingin dari asia yang berinteraksi dengan area pertemuan angin di sekitar Sumatera bagian Selatan hingga Jawa bagian barat. Akibatnya potensi hujan lebat akan terjadi di wilayah: Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan. angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x