Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 00:55 WIB

Jokowi Pastikan Tunjangan Babinsa Disalurkan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 16 Desember 2018 | 18:27 WIB

Berita Terkait

Jokowi Pastikan Tunjangan Babinsa Disalurkan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada 3.500 Babinsa yang ada di Kodam I Bukit Barisan, Kodam II Sriwijaya dan Kodam Iskandar Muda di Jambi, Minggu (16/12/2018).

Presiden Jokowi mengatakan seorang prajurit Bintara akan menerima tunjangan kinerja sebesar Rp1 juta setiap bulannya dan dipastikan tunjangan operasional segera disalurkan. Karena, Jokowi sering dapat aspirasi ketika turun ke daerah.

"Suara itu saya dengar karena saya sering ke bawah, ke desa, jangan dipikir saya tidak dengar. Itu kalau dirapel Juli hingga September kan tambahannya Rp6 juta, benar ya? Di desa-desa kan apa-apa kan masih murah, jadi bisa ditabung gitu lho," ujarnya.

Di samping itu, Jokowi mengingatkan agar Babinsa mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Menurut dia, revolusi industri 4.0 ini 3.000 kali lebih cepat dari revolusi industri pertama. Maka, harus direspon karena tidak hanya mengubah landscape politik global tapi juga nasional dan daerah.

"Ini yang harus kita antisipasi jangan sampai perubahan itu membuat dampak tidak baik bagi kita, pasti akan masuk budaya intervensi budaya-budaya impor, ideologi-ideologi impor yang masuk ke desa dan tidak bisa kita cegah," jelas dia.

Sementara Panglima TNI, Marsekal Hadi mengatakan pengarahan diikuti oleh 3.286 prajurit TNI yang terdiri dari 3.019 Bhabinsa, 228 Danramil, 31 Dandim, 15 perwakilan TNI AL, 15 Perwakilan TNI AU dan 33 Personel Polri.

"Tugas Babinsa merupakan tugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan penjaga teritorial," kata Hadi.

Kemudian, Marsekal Hadi mengucapkan terima kasih atas kenaikan tunjangan kinerja TNI. Kini, tunjangan Babinsa telah diterima dan dirasakan langsung babinsa dengan besaran antara Rp900 ribu-Rp1,2 juta.

"Atas nama seluruh prajurit TNI, saya ucapkan terima kasih kenaikan tunjangan kinerja atau remunerasi ini," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x