Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 23:23 WIB

Pro Kontra Soeharto Jelang Pilpres

Partai Berkarya Minta Publik Bersikap Fair

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 9 Desember 2018 | 04:00 WIB

Berita Terkait

Partai Berkarya Minta Publik Bersikap Fair
Pendiri Partai Berkarya Nurul Candrasari Masjkuri - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pendiri Partai Berkarya Nurul Candrasari Masjkuri angkat bicara soal munculnya sikap upaya mengglorifikasi maupun menjatuhkan nama Presiden Soeharto menjelang pemilu 2019.

Nurul mengatakan, sebagai seorang manusia biasa sosok Soeharto tentu memiliki kelebihan sekaligus kekurangannya. Menurutnya, penting bagi semua pihak untuk tidak melulu mengaitkan pilpres dengan era Orde Baru.

"Sebenarnya nggak bisa terus menerus dikait-kaitkan dengan Orde Baru dan menyudutkan Cendana. Semua punya kelemahan dan kelebihan, tapi tentu tidak semua itu dilihatnya jeleknya melulu," ujarnya kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Ia menuturkan, melihat ketatnya aturan yang diberlakukan saat era Soeharto tak bisa terus-menerus dianggap sebagai sesuatu yang menyeramkan. Misalnya, kata dia, kebebasan berpendapat yang saat itu dibatasi memiliki sisi positif yang tak bisa diabaikan begitu saja oleh publik.

"Kalau kita bicara era Soeharto juga ada positifnya, misalnya kenapa orang tidak bebas berbicara, memang itu negatifnya. Akan tetapi, positifnya dengan adanya aturan itu nggak bisa bikin orang bicara buruk seenaknya. Negara kalau tanpa aturan main, akhirnya menjadi sesuatu yang minus," ungkapnya.

Dengan demikian, ia mengharapkan semua pihak dapat melihat era Orde Baru secara bijak dengan menjadikan hal yang negatif sebagai perbaikan ke depan dan hal yang positif diambil untuk refleksi agar bangsa ini lebih baik lagi.

"Bisa nggak sih, siapapun rezim di masa lalu positifnya diambil yang negatifnya kita buang atau dijadikan pelajaran? Misalnya kebebasan pers dulu memang kurang baik, membuat terbelenggu. Nah, ke depan diatur jangan begitu tapi jangan kebablasan juga, sehingga fair," tandasnya.

Komentar

x