Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 23:22 WIB

Belasan Rumah di Bojonegoro Rusak Diterjang Angin

Sabtu, 8 Desember 2018 | 19:05 WIB

Berita Terkait

Belasan Rumah di Bojonegoro Rusak Diterjang Angin
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Bojonegoro - Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah Bojonegoro. Hujan turun diperkirakan terjadi sekitar tiga jam. Akibatnya beberapa daerah banjir bandang dan rumah rusak diterjang angin kencang, Sabtu (8/12/2018).

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan bencana banjir bandang terjadi di Desa Grenjengan, RT 07/ RW 03, Kecamatan Sekar. Sebanyak 11 rumah diterjang banjir bandang dan lima rumah warga rusak disapu angin.

Tim SAR BPBD Bojonegoro, Sukirno mengatakan, banjir bandang menyeret sampah-sampah ranting, plastik dan daun-daun kering. Air yang berwana kecoklatan itu masuk ke dalam rumah warga. Beberapa rumah yang berdinding kayu rusak. Salah satunya rumah milik Suyadi (50).

"Air dari bukit menerobos dan masuk rumah warga yang ada di bawah. Beruntung banjir bandang tidak terlalu besar," ujarnya.

Selain banjir bandang, hujan lebat yang disertai angin kencang juga mengakibatkan sebanyak lima rumah di daerah setempat dilaporkan rusak ringan. Beberapa atap genteng melayang. Warga dibantu instansi pemerintah desa setempat melakukan gotong royong untuk mempebaiki genteng yang jatuh.

Memasuki musim hujan ini, pihak BPBD Kabupaten Bojonegoro mengidentifikasi beberapa bencana yang kerap terjadi dan perlu diwaspadai. Diantaranya, angin puting beliung, banjir bandang, genangan air, pohon tumbang, jalan licin dan longsor.

"Masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati. Serta melaporkan kepada aparat maupun pemerintah apabila ada potensi bencana di daerah sekitarnya," imbuh Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia.[beritajaim]

Komentar

x