Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:44 WIB

Jokowi Bandingkan Harga BBM di Jawa dan Wamena

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 7 Desember 2018 | 21:41 WIB

Berita Terkait

Jokowi Bandingkan Harga BBM di Jawa dan Wamena
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran harga bahan bakar minyak (BBM) yang naik sedikit tapi langsung pada demo di Istana Negara, Jakarta. Padahal, harga BBM di Papua lebih mahal dibanding Jawa dan lainnya.

"Di Jawa bensin Rp6.450 per liter, naik Rp500 saja jadi Rp7.000, demonya berapa bulan? Naik Rp500 saja demonya 2 bulan berturut-turut, naik Rp1.000 demonya 4 bulan. Saya kan tiap hari didemo," kata Jokowi di Bogor, Jumat (7/12/2018).

Jokowi menceritakan pengalamannya ke Papua pada 2016. Saat itu, Jokowi ke Wamena sudah empat kali ke sana dan menanyakan harga bensin. Ternyata, harga bensin Rp60 ribu pada kondisi normal dan kalau hujan bisa Rp100 ribu.

"Bisa bayangkan seperti itu, perasaan saya bagaimana? Rasa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sepuluh kali lipat normal Rp60 ribu. Kalau Rp120 ribu, berapa kali lipat? Saya kaget waktu seperti itu," ujarnya.

Dengan demikian, Jokowi langsung memerintahkan meskipun mundur 1,5 tahun untuk bensin tapi di Papua harganya harus sama dengan di Jawa. Justru, warga Papua tidak ada yang demo soal harga BBM.

"Yang di Wamena 10 kali lipat nggak pernah demo. Saya ke sana kalau nggak ditanya nggak jawab. Hal-hal seperti itu dimengerti bahwa Indonesia bukan hanya di sini saja," jelas dia. [ton]

Komentar

x