Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:37 WIB

Eks Komisioner Komnas HAM Sebut ICW Tak Obyektif

Jumat, 7 Desember 2018 | 19:11 WIB

Berita Terkait

Eks Komisioner Komnas HAM Sebut ICW Tak Obyektif
Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengatakan bahwa korupsi di Indonesia hampir terjadi di setiap zaman pemerintahan yang berkuasa. Namun, ia tak setuju jika korupsi disematkan pada satu kepemimpinan tertentu.

Hal itu dikatakan Pigai merespon hasil rilis Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyinggung kasus korupsi di era Soeharto.

"Jika dibandingkan, semua zaman ada. Kalau dilihat dari kuantitas, maka sulit diukur. Zaman BLBI di Ibu Mega berapa kerugian negara? Apakah zaman Soeharto ada korupsi besar? Zaman SBY ada kasus Bank Century. Kemudian di zaman Jokowi hampir setiap Kepala Daerah ditangkap, Ketua DPR RI masuk penjara, kasus Reklamasi, e-KTP, Meikarta, Bakamla, Transjakarta, dan lain-lain," ujar Pigai kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Menurut dia, penguasa membagikan sumber daya kekuasaannya kepada pihak yang dapat dipercaya dan memiliki pengaruh besar di masyarakat untuk menjaga keberlangsungan dan stabilitas kekuasaannya.

"Seorang memperdagangkan jabatannya untuk meraih sesuatu (suap). Nah, koruptor di Indonesia rata-rata masuk penjara karena jabatan," katanya. [ton]

Komentar

x