Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:35 WIB

Jokowi Ingatkan Mahasiswa Soal Pulau di Indonesia

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 7 Desember 2018 | 18:28 WIB

Berita Terkait

Jokowi Ingatkan Mahasiswa Soal Pulau di Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima peserta konferensi mahasiswa nasional di ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (7/12/2018).

Jokowi menyampaikan beberapa hal kepada mahasiswa, di antaranya mengingatkan bahwa Indonesia bukan hanya Pulau Jawa saja tapi terdiri 17 pulau dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

"Yang ingin saya sampaikan supaya kita menyadari dan paham semua, bahwa negara Indonesia ini negara besar. Jangan hanya kita bertumpu dan melihat Jawa saja, lihatlah provinsi, kabupaten dan kota yang ada di luar Jawa," kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi mengatakan Indonesia berbeda dengan negara lain dalam menyiapkan infrastruktur, logistik dan sumber daya manusia.

Karena, kata Jokowi, Indonesia punya bentangan yang sangat luas dari Aceh ke Papua dan jika ditempuh dengan pesawat bisa memakan waktu 9 jam.

"Artinya, negara kita besar, tantangan juga gede. Saudara-saudara tidak akan menyadari secara penuh kalau saudara belum pernah memasuki seluruh provinsi, kota, kabupaten yang ada. Enggak akan pernah bisa membayangkan," ujarnya.

Misalnya, Jokowi menggambarkan terjadi disparitas infrastruktur yang ada di Pulau Jawa dan Papua. Pada 4 tahun lalu, waktu tempuh dari Kabupaten Wamena ke Kabupatan Nduga dengan panjang kurang lebih 200 kilometer selama empat hari.

"Jalan kaki mereka, karena enggak ada jalan, ke Kabupaten Asmat, ke distrik-distrik jalan kaki, enggak bisa dibayangkan, di tengah hutan belantara. Jadi, jangan bayangkan yang di sini saja, bayangkan yang ada di tempat-tempat lain," tandasnya.[jat]

Komentar

x