Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:37 WIB

Polda Ogah Ikutan Segera Tersangkakan Habib Bahar

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 7 Desember 2018 | 15:30 WIB

Berita Terkait

Polda Ogah Ikutan Segera Tersangkakan Habib Bahar
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya tidak mau ikut-ikutan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri untuk segera menetapkan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka.

"Kita tidak bisa terus ikut-ikutan ya, semuanya sesuai fakta hukum di lapangan," katanya di Jakarta, Sabtu (7/12/2018).

Argo menjelaskan hingga kini laporan terhadap Habib Bahar yang dibuat oleh Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid masih terus ditindaklanjuti. Saksi juga saksi ahli terus diperiksa dalam kasus ini.

"Masih proses yah kasusnya. Penyidik masih bekerja," katanya.

Polisi belum menemukan tersangka dalam kasus ini. Ke depan pihaknya akan meminta keterangan Habib Bahar sebagai saksi terlapor.

Dia pun menambahkan belum ada rencana kalau laporan di Polda Metro Jaya akan digabung ke Bareskrim Mabes Polri. Argo minta semua pihak bersabar menunggu hasil penyidikan rampung.

"Nanti kita tunggu saja bagaimana perkembangan," ucap Argo.

Diketahui, Bareskrim telah menetapkan Habib Bahar senagai tersangka dalam kasus dugaan diskriminasi ras dan etnis pada Kamis 6 Desember 2018 kemarin.

Sebelumnya Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas melaporkan Habib Bahar karena ceramahnya yang beredar di media sosial. Laporan Habib Bahar diterima dengan nomor laporan polisi TBL/6519/XI:2018/PMJ/Ditreskrimsus, 28 November 2018.

Pelaporan ini sesuai Pasal 28 ayat (2) Jo. Pasal 45 A ayat 2 UU RI No. 19 Tahun 2018 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 4 huruf b angka 2 Jo. Pasal 16 UU RI No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan Pasal 207 KUHP dengan ancaman pidana lebih dari 5 tahun penjara. [rok]

Komentar

x