Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:35 WIB

Kejagung Terima SPDP Tersangka Habib Bahar

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 7 Desember 2018 | 15:06 WIB

Berita Terkait

Kejagung Terima SPDP Tersangka Habib Bahar
Jaksa Agung AM Prasetyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kejaksaan Agung mengaku telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Bareskrim Polri terkait kasus dugaan diskriminasi etnis dan ras dengan tersangka Habib Bahar bin Smith.

"SPDP sudah kita terima (dari Polri) penyebutan tersangka sudah kita tinggal tunggu proses penyidikan oleh pihak penyidik Polri," kata Jaksa Agung AM Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Prasetyo mengatakan Kejaksaan telah menerima 2 SPDP penetapan tersangka Habib Bahar. Keduanya dari Polda Metro Jaya yang dikirim ke Kejati DKI Jakarta dan Bareskrim Polri yang dikirim ke Jampidum Kejagung.

"Karena ada dua SPDP disini, SPDP dari Bareskrim Mabes Polri dan dari Polda kepada Kejaksaan tinggi DKI Jakarta, sementara SPDP Mabes polri diserahkan kepada Japidum (Jaksa Pidana Umum). Nanti teknisnya seperti apa apakah limpahan ke pengadilan digabungkan karena waktunya berdekatan atau seperti apa," ucap Prasetyo.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah resmi menetapkan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus dugaan Diskriminasi etnis dan ras. Meski sudah menjadi tersangka, penyidik tak langsung menahan Habib Bahar.

"Benar bahwa hasil gelar perkara penyidik, HBS telah ditetapkan sebagai tersangka , telah dilakukan pemeriksaan , paraf dan penandatanganan BAP oleh tersangka dan pengacaranya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono, Jumat (7/12/2018).

Habib Bahar diancam dengan Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1, dan Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2). [rok]

Komentar

x