Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:43 WIB

Jokowi: Sudah 4 Tahun Saya Sabar Dituduh PKI

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 7 Desember 2018 | 13:32 WIB

Berita Terkait

Jokowi: Sudah 4 Tahun Saya Sabar Dituduh PKI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menahan sabar karena difitnah dengan isu keturunan PKI selama empat tahun. Namun, sekarang Jokowi harus menjelaskan ke masyarakat.

"Banyak disampaikan dibawah isu Presiden Jokowi itu PKI. Dan akhir -akhir ini banyak spanduk seperti itu. Saya 4 tahun ini sabar," kata Jokowi saat menghadiri acara Jambore Bela Negara FKPPI di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Awalnya, Jokowi memang diam tidak mau menjawab apa-apa atas isu yang beredar terkait keturunan PKI. Akan tetapi, sekarang Jokowi mulai bicara meluruskan tentang isu dan fitnah tersebut.

"PKI bubar tahun 1965. Saya lahir tahun 1961. Umur saya baru 4 tahun. Apa ada PKI balita?," ujarnya.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat melihat gambar DN Aidit di media sosial yang sedang berpidato tahun 1955. Herannya, ada foto Jokowi dekat DN Aidit.

"Coba saya lihat kok wajah saya. Ini cara yang tak beretika dan tak beradab. Saya lahir saja belum, kok sudah didekat podium Aidit. Hal-hal yang tidak masuk akal harus dijelaskan ke masyarakat," jelas dia.

Karena, kata Jokowi, hampir 9 juta masyarakat mempercayai tentang isu PKI sehingga harus dijelaskan dan diluruskan kepada masyarakat dimana pun berada.

"Ada 9 juta lebih masyarakat kita yang percaya, ini kenapa saya jawab karena saya dapat survei masyarakat percaya fitnah seperti ini. Jadi di mana-mana saya singgung hal seperti ini," katanya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta cara-cara berpolitik seperti itu harus dihentikan. Karena menurut dia, cara berpolitik seperti itu dapat merusak demokrasi di Indonesia.

"Cara berpolitik seperti itu hrs dihentikan. Itu merusak cara kita dalam berdemokrasi dan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," tandasnya.[jat]

Komentar

x