Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 17:30 WIB

Pengacara: Habib Bahar Sudah Tersangka

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 6 Desember 2018 | 23:23 WIB

Berita Terkait

Pengacara: Habib Bahar Sudah Tersangka
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengacara Habib Bahar bin Smith, Sugito Atmo Perwiro menyatakan kliennya Habib Bahar bin Smith sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian.

Habib Bahar juga disebut sudah pulang usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. "Sudah, sudah (tersangka). Penetapan per hari ini tadi saat pemeriksaan," kata Sugito saat dihubungi INILAHCOM, Kamis (6/12/2018).

Sugito mengatakan Habib Bahar sudah pulang terlebih dahulu pada pemeriksaan hari ini di Bareskrim Polri. Sugito mengaku akan berdiskusi lebih lanjut dengan tim pengcara Habib Bahar soal penetapan tersangka terhadap kliennya.

"Habib Bahar sudah pulang duluan tadi (menghindari wartawan) ada acara diluar. Nanti kita akan diskusikan terlebih dahulu dengan tim pengacara," ucap dia.

Habib Bahar diperiksa penyidik Bareskrim Polri sejak pukul 11.00 Wib di gedung sementara Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018). Sudah lebih dari 10 jam Habib Bahar menjalani pemeriksaan.

Habib Bahar dilaporkan oleh Jokowi Mania (Joman) dan Cyber Indonesia ke Polisi beberapa hari lalu. Habib Bahar dituding telah menebar ujaran kebencian lantaran menghina Presiden Joko Widodo dengan sebutan 'banci' dalam ceramahnya.

Habib Bahar dilaporkan dengan Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1, dan Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2).[jat]

Komentar

x