Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:40 WIB

Pasca Penyerangan KKB

Panglima TNI: Proyek Trans Papua Bisa Lanjut

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 6 Desember 2018 | 15:46 WIB

Berita Terkait

Panglima TNI: Proyek Trans Papua Bisa Lanjut
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto jajaran TNI dan Polri kini sudah berhasil menguasai Distrik Yigi yang berada di puncak Kabo.

Daerah ini merupakan lokasi penembakan brutal oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap karyawan PT Istaka Karya dan satu anggota TNI yang gugur.

Akibatnya proyek pembangunan trans Papua dihentikan sementara waktu oleh Kementerian PUPR.

Hadi memastikan setelah anggotanya meng-clear-kan area tersebut, proyek trans Papua bisa kembali dilanjutkan mulai pekan depan.

"Saat ini Bukit Kabo sudah dikuasai oleh tim gabungan TNI-Polri dan insyaallah tidak lama lagi satu minggu ke depan pembangunan jembatan dan jalan akan segera dilaksanakan kembali," kata Hadi, Kamis (6/12/2018).

Guna memberikan rasa aman, Hadi mengatakan akan memberikan keamanan khusu bagi para pekerja proyek trans Papua. Hadi mengaku akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan kementerian PUPR.

"Ya, kami akan membentuk tim keamanan dari TNI-Polri untuk memperlancar proses pembangunan di wilayah Nduga yang saat ini sudah kita bicarakan. Nanti segera kita koordinasikan juga dengan Menteri PUPR," ucap Hadi.

Sebelumnya, jajaran TNI-Polri berhasil mengevakuasi 15 jenazah korban penembakan KKB. Selain itu, ada tujuh orang selamat yang turut dievakuasi.

Mereka dievakuasi menuju Timika menggunakan Heli milik TNI AD. Polisi mengaku belum bisa memastikan korban meninggal merupakan karyawan PT Istaka Karya atau bukan.

"Kita akan lakukan identifikasi. Belum bisa memastikan apakah korban merupakan karyawan PT Istaka Karya semua atau bukan," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal.[jat]

Komentar

x