Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 15:28 WIB

KKB Papua Dapat Senjata Ilegal dari Perbatasan

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 5 Desember 2018 | 17:43 WIB

Berita Terkait

KKB Papua Dapat Senjata Ilegal dari Perbatasan
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakata - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya diduga merupakan aktor utama penyerangan pekerja PT Istaka Karya yang dibantai KKB pada Minggu (2/12/2018) di Kabupaten Nduga, Papua.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, kekuatan kelompok itu jumlahnya sekitar 50 orang dan memiliki setidaknya 20 pucuk senjata api.

"Kekuatan mereka tidak banyak, kurang lebih sekitar 30 hingga 50 orang dengan 20 pucuk senjata api. Kelompok ini seringkali menunjukkan eksistensi, terus mungkin juga mereka menikmati karena ditakuti dengan memberikan status sosial bersenjata," jelas Tito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).

Adapun saat ini, lanjut Kapolri, tim gabungan TNI dan Polri tengah berada di Papua untuk memburu kelompok ini. Sementara itu, senjata yang dimiliki kelompok ini biasanya didapatkan dengan cara merampas dari anggota-anggota aparat yang lengah.

"Beberapa kali, kami juga menduga senjata itu berasal dari eks konflik Ambon. Dulu banyak senjata beredar disitu. Gudang Brimob saja dijebol," ungkap Kapolri.

Senjata api yang dimiliki kelompok bersenjata, lanjutnya, juga diduga didapatkan melalui jalur-jalur ilegal yang berasal dari perbatasan antara Papua dengan Papua Nugini.

"Saya tidak mengatakan dari pemerintah ya, tapi dari jalur ilegal oknum-oknum di perbatasan Papua Nugini itu. Beberapa kali juga kami tangkap," tegasnya. [ton]

Komentar

x