Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 16:44 WIB

KPK Harap 16 Parpol Komit Jaga Integritas Pemilu

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 4 Desember 2018 | 16:02 WIB

Berita Terkait

KPK Harap 16 Parpol Komit Jaga Integritas Pemilu
Ketua KPK, Agus Rahadjo, didampingi pimpinan KPK lainnya dan pimpinan partai politik saat menghadiri Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) disela-sela perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 di Jakarta, Selasa (4/12). - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo seluruh partai politik di Indonesia berkomitmen menegakkan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

Sistem tersebut diharapkan mampu memperkuat partai politik dalam menjalankan demokrasi.

"Harapan kami pasti dengan teman-teman partai mau berkomitmen untuk menegakan sistem integritas di partai politiknya masing-masing," kata Agus dalam pembukaan acara Hari Antikorupsi Sedunia 2018, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Sebelumnya, 16 partai politik peserta Pemilu 2019 telah sepakat untuk menegakkan integritas politik di partainya masing-masing.

Agus berharap penerapan sistem integritas di dalam partai politik bisa memperbaiki demokrasi Indonesia. Sistem integritas ini, kata Agus meliputi masalah kode etik, demokrasi internal partai, kaderisasi, rekrutmen, dan keuangan partai yang transparan dan akuntabel.

"Diharapkan perbaikan demokrasi di negara kita bisa terjadi dengan baik," tandasnya.

Adapun ke-16 parpol yang setuju dengan SIPP adalah PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, Perindo, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PKPI, PKS, PBB, dan PPP.[jat]

Komentar

x