Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 10:15 WIB

Dampak Positif Reuni Akbar 2121 Bagi Masyarakat

Oleh : Ivan Setyadhi | Minggu, 2 Desember 2018 | 22:28 WIB

Berita Terkait

Dampak Positif Reuni Akbar 2121 Bagi Masyarakat
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Taufan Rahmadi menilai jalannya aksi Reuni 212 memberi dampak positif bagi masyarakat.

Setidaknya ada tiga sektor yang mendapatkan dampak positif langsung dari Reuni 212, yakni transportasi, akomodasi, dan kuliner. Tiga sektor tersebut adalah kebutuhan dasar yang pasti dibutuhkan oleh tiap orang yang hadir di Reuni 212.

Untuk datang ke Jakarta, peserta dari berbagai penjuru Indonesia datang dengan moda transportasi darat, laut, dan udara. Tiket-tiket bus, ferry, dan pesawat terbang ludes diborong oleh jamaah, bahkan ada pula yang rela charter sejumlah pesawat komersil untuk keperluan transportasi.

"Ini belum termasuk moda transportasi rakyat di sekitar tempat aksi, seperti ojek online, taksi, dan mobil rental, yang tentunya mendapat dampak luar biasa dari banyaknya massa yang hadir," kata Taufan, Minggu (2/12/2018).

Begitu akomodasi dan penginapan. Meski banyak massa yang hadir memilih menginap di masjid, banyak pula yang lebih memilih menginap di hotel dan penginapan dengan alasan privasi dan kenyamanan. Sehingga banyak hotel dan penginapan di sekitaran tempat Reuni 212 dipenuhi oleh jamaah yang hadir.

"Bisnis akomodasi sangat diuntungkan sebelum dan sesudah aksi ini, karena ada jutaan orang yang menjadi konsumen dadakan," ucap Pegiat Muda Pariwisata Indonesia ini.

Sektor lainnya, seperti UMKM kuliner pasti juga ikut tergerak. Restoran dan rumah-rumah makan, katering kotakan, jajanan tradisional dan kaki lima, ikut bergerak mendapatkan manfaat. Belum lagi usaha kecil jajanan asongan yang ikut beredar di sekitaran aksi, pastinya ikut ludes diborong oleh jamaah yang hadir. Masyarakat kecil mendapat imbas ekonomi langsung dari Reuni 212.

"Jadi, secara tidak langsung aksi Reuni 212 ini sebenarnya membentuk suatu konsep pariwisata baru, yaitu pariwisata gerakan, di mana banyak orang dari banyak penjuru hadir di suatu tempat, lalu memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat," ucap penerima penghargaan dari The World halal Travel Summit & Exhibition 2015 di Abu Dhabi ini.

"Jadi bisa dibayangkan, selama 1 atau 2 hari Reuni 212, jamaah memberikan dampak yang luar biasa bagi ekonomi warga Jakarta dan sekitarnya," tutupnya.

Komentar

x