Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 14:15 WIB

OTT 37 Kepala Daerah, Ketua DPR Dukung KPK

Oleh : Fadli Zikri | Senin, 19 November 2018 | 16:31 WIB

Berita Terkait

OTT 37 Kepala Daerah, Ketua DPR Dukung KPK
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo turut menanggapi penindakan hukum terhadap 37 Kepala Daerah yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus terakhir yaitu OTT terhadap Bupati Papak Bharat, Sumatera Utara (17/11).

Bamsoet berkomitmen mendukung pemberantasan korupsi dengan mendorong seluruh aparat Pemerintah untuk taat pada tata tertib dan ketentuan hukum positif yang berlaku.

"Mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengevaluasi sistem tertib administrasi dan penegakan hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta mendorong transparansi penggunaan anggaran sesuai perencanaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di daerah, guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran daerah," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/11/2018).

Mantan Ketua Komisi III DPR itu juga mendorong KPK menugaskan seluruh Kedeputian untuk berperan aktif, terutama Kedeputian Bidang Pencegahan agar melakukan upaya-upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi terkait pengelolaan anggaran negara dan daerah yang transparan dan akuntabel berdasarkan Undang-Undang No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara;

"Mendorong Kemendagri untuk melakukan perbaikan dalam pemerintahan daerah, baik dari sisi regulasi maupun dari sisi etika (tata tertib/tatib), dengan cara menyesuaikan, merevisi, dan mempertegas ketentuan yang sudah dianggap tidak sesuai lagi," ujarnya.

Dia juga menegaskan dukungannya terhadap KPK dalam pemberantasan korupsi di tanah air dengan mengedepankan asas equality before the law dan asas presumption of innosence, agar dapat memberikan kepastian hukum bagi semua pihak. [rok]

Komentar

x