Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 10:16 WIB

Waspadai Puting Beliung di 5 Kecamatan di Sampang

Kamis, 15 November 2018 | 11:23 WIB

Berita Terkait

Waspadai Puting Beliung di 5 Kecamatan di Sampang
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sampang - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Anang Joenaidi menyatakan jika musim hujan di wilayahnya diperkirakan hanya berlangsung selama empat bulan lamanya.

Prediksi musim hujan tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda. Namun demikian untuk saat ini hujan yang mengguyur di wilayahnya masih di sebagian kecamatan seperti, Kecamatan Kedungdung, Robatal, Karang Penang, Torjun, Sampang.

"Setelah kami koordinasi dengan BMKG Juanda, musim hujan untuk wilayah Sampang akan berlangsung hingga Februari 2019 mendatang. Itu perkiraan awal," terangnya, Kamis (15/11/2018).

Sehingga, kondisi yang perlu diwaspadai saat musim hujan berlangsung yaitu terjadinya bencana alam diantaranya tanah longsor dan angin puting beliung.

Adapun wilayah yang tergolong rawan untuk angin puting beliung seperti di Kecamatan Kedungdung, Pengarengan, Camplong, Sreseh dan Robatal. Sedangkan untuk daerah rawan tanah longsor diantaranya, Kedungdung, Robatal, Camplong, dan Tambelangan.

"Antisipasinya kami hanya mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai terhadap pohon dan bangunan yang dianggap rapuh untuk segera ditebang," jasnya.

Lanjut Anang, secara teknis, pihaknya belum bisa memetakan kecepatan angin di setiap daerah yang nantinya diguyur hujan disertai angin kencang terlebih daerah yang menjadi kerawanan puting beliung.

"Memang musim hujan kali ini akan disertai angin kencang, namun kami tidak bisa memastikan berapa angka kecepatan anginnnya. Sebab surat BMKG jatim tidak ada lampirkannya," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

x