Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 03:57 WIB

Jokowi Klaim Angka Kemiskinan Terus Menurun

Sabtu, 10 November 2018 | 21:50 WIB

Berita Terkait

Jokowi Klaim Angka Kemiskinan Terus Menurun
Calon Presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Calon Presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi) mengaku bingung ada yang menyebut 99 persen rakyat Indonesia hidup miskin. Menurut dia, data tersebut perlu dipertanyakan 99 persen rakyat Indonesia hidup miskin.

"Ada yang ngomong 99 persen rakyat kita hidup miskin dan pas-pasan. Benar enggak? 99 persen angka dari mana?," kata Jokowi di Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi mengklaim angka kemiskinan terus menurun sejak tahun 2015. Oleh karena itu, Jokowi meminta jangan asal berbicara tanpa data yang valid.

"Dari 11,1 persen, turun 2016 menjadi 10,7 sekarang di 9,8. Sudah satu digit sekarang ini. Kita berusaha terus tapi dengan angka-angka. Jangan kalau ngomong kan mudah. Kita ini kan ngomong tapi ada angkanya," ujarnya.

Menurut dia, sekarang pemerintah terus melakukan upaya penurunan angka kemiskinan di Indonesia sehingga harus menunjukkan angka jika ingin memberikan kritik atau masukan kepada pemerintah.

"Gini-gini kan angkanya harus ditunjukkan, kalau enggak nanti dipikir karena ketimpangan sudah berjalan puluhan tahun, bertahun-tahun yang lalu. Sekarang sudah masuk ke proses penurunan," jelas dia.

Ia mengatakan sekarang setiap tahun mobil di Indonesia terjual sebanyak 1,1 juta unit dan sepeda motor 6,5 juta. Menurutnya, tentu membeli kendaraan mobil dan sepeda motor itu memakai uang. Sehingga, hal seperti ini harus dijelaskan juga.

"Kalau tidak dijelaskan nanti dipikir kita berada pada posisi semakin miskin, ekonomi semakin tidak baik. Penjelasan seperti ini yang diperlukan dalam rangka kita pileg dan pilpres 2019," tandasnya.[ris]

Komentar

Embed Widget
x