Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 04:01 WIB

PDIP 'Gagas' Pengacara Desa untuk Warga Serang

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 10 November 2018 | 21:33 WIB

Berita Terkait

PDIP 'Gagas' Pengacara Desa untuk Warga Serang
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Calon anggota legislatif DPR RI dari PDI Perjuangan, Ronny Berty Talapessy menawarkan program mewujudkan keadilan sosial dan menghadirkan keadilan hukum secara nyata dalam bentuk advokasi masyarakat dengan program pengacara desa.

Menurut dia, konsep pengacara desa ini lahir dari hasil diskusi dengan masyarakat di tiga Kabupaten/Kota yakni Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Pengacara desa adalah salah satu jalan alternatif bagi masyarakat desa ketika mengalami permasalahan hukum.

"Sebenarnya ada banyak permasalahan hukum yang seringkali dihadapi warga di desa, tapi masyarakat tidak memiliki pengetahuan atau akses bagaimana menyelesaikannya," kata Ronny, Sabtu (10/11/2018).

Ia mengatakan masyarakat banyak mengalami persoalan seperti akses pelayanan kesehatan dan pendidikan, namun ada juga persoalan lain misalnya sengketa tanah, waris, ketenagakerjaan dan administrasi legal formal lainnya.

"Tapi sebetulnya lebih banyak yang belum menyadari hak-haknya. Misalnya hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan serta fasilitas publik lainnya," ujarnya.

Ronny berharap melalui program pengacara desa ini bisa memberikan bantuan kepada masyarakat secara probono (gratis), baik melakukan konsultasi hukum maupun menyelesaikan masalah hukum yang ada.

"Sementara bagi warga yang tidak mengalami permasalahan hukum, program ini juga melakukan penyuluhan hukum untuk mengedukasi kesadaran serta penghormatan terhadap hukum," jelas dia.

Kini, Ronny sedang mengadvokasi kelompok tani di Kabupaten Serang dan Kota Serang terkait proye irigasi. Menurut dia, persoalan pembangunan irigasi ini terkait sistem buka tutup pintu irigasi karena menyangkut nasib ribuan petani setempat.

"Persoalan ini sangat serius karena menyangkut nasib usaha mereka yang bisa mengakibatkan gagal panen," tandasnya. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x