Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 04:01 WIB

Rumah DP 0 Persen ASN Diharap Minimalisir Pungli

Kamis, 8 November 2018 | 21:32 WIB

Berita Terkait

Rumah DP 0 Persen ASN Diharap Minimalisir Pungli
Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mendukung langkah pemerintah yang menyiapkan rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri dengan skema pembiayaan down payment nol persen rupiah.

"Saya meyakini pemenuhan rumah untuk ASN, Polri dan TNI sebagai langkah tepat pemerintah, khususnya menyangkut kesejahteraan dan meminimalisir pelanggaran hukum," kata Sahroni.

Namun, Sahroni berharap dibangunnya rumah untuk ASN, TNI dan Polri ini dapat meningkatkan kinerja terutama tidak melakukan pelanggaran hukum khususnya pungutan liar (pungli) dan korupsi.

"Salah satu penyebab masih munculnya persoalan pungli dan korupsi tak lepas dari tingginya kebutuhan dasar," ujarnya.

Menurut dia, paradigma negatif masyarakat terhadap kasus pungli terhadap Polri di bidang pelayanan atau lalu lintas masih kerap muncul meski sekarang sudah menerapkan sistem elektronik.

Selain itu, peristiwa penggusuran rumah dinas juga kerap terjadi penolakan bahkan berujung bentrok karena keluarga TNI tidak memiliki hunian tetap. Maka dari itu, rumah merupakan kebutuhan primer yang menjadi beban bagi ASN, TNI dan Polri yang berpenghasilan terbatas.

"Saat gaji dirasakan tak lagi mencukupi karena berbagai kebutuhan pokok lainnya, oknum ASN, Polri atau anggota TNI akhirnya terpikir untuk mencari celah pendapatan dengan cara memanfaatkan kewenangan. Potensi pungli dan korupsi pun terbuka," jelasnya.

Apalagi, kata Sahroni, kendala memiliki rumah juga biasanya soal DP yang angkanya cukup besar sehingga banyak yang tidak memiliki rumah karena tak punya tabungan yang cukup untuk pelunasan DP.

"Dengan menyelesaikan persoalan ini, maka akan meminimalisir terjadinya praktik pungli dan korupsi," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x