Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 17:56 WIB

Bareskrim Periksa Pilot Lion Air dan Teknisi

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 8 November 2018 | 10:47 WIB

Berita Terkait

Bareskrim Periksa Pilot Lion Air dan Teknisi
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tim Satgas khusus Bareskrim Polri sudah mulai bekerja untuk mengusut penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dari sisi nonteknis. Tim ini berisikan 10 orang penyidik profesional dari Bareskrim.

"Satgas ini berisikan 10 orang, seluruhnya dari Bareskrim dan memiliki kualifikasi penyelidik di bidangnya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (8/11/2018).

Dedi mengatakan sejauh ini sudah hampir seluruh orang-orang teknisi yang terlibat dalam penerbangan Lion PK-LQP ini. Termasuk pilot yang menerbangkan pesawat ini sebelum jadwal penerbangan rute Jakart-Pangkalpinang yakni Manado-Bali dan Bali-Jakarta.

"Sudah, sekitar hampir semua diperiksa ya detailnya nanti. Kemudian dari teknisi pesawat, latar belakangnya, dari sekuriti bandara, kemudian bagian yang angkat-angkar barang itu, sekuriti barang, yang seperti itu yang kita dalami," jelas Dedi.

Dedi mengatakan keterangan pers dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNTK) yang menyatakan bahwa ada kerusakan pada Airspeed Lion JT-610 itu sesuai dengan hasil pemeriksaan sementara terhadap saksi-saksi yang diperiksa Satgas Khusus Bareskrim.

"Jadi apa yang disampaikan KNKT, hipotesa awal itu hampir klop dengan hasil pemeriksaan kita. Pemeriksaan sementara KNTK kan sudah ada hipotesanya tuh, gangguan navigasi, baik ketinggian maupun kecepatan, termasuk pilot-pilot yang menenangkan dari Manado ke bali, sudah kita mintai keterangan, dari bali ke Jakarta juga sudah," tutur Dedi. [rok]

Komentar

x