Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 18:46 WIB

SAR Temukan Banyak Jenazah di Pettobo

Selasa, 6 November 2018 | 19:33 WIB

Berita Terkait

SAR Temukan Banyak Jenazah di Pettobo
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Ponorogo - Langkah meratakan kawasan bencana likuifaksi di Pettobo membuat banyak jasad korban tewas akibat bencana ini bermunculan.

Petugas pun kemudian segera mengevakuasi jenasah-jenasah yang baru saja ditemukan tersebut.

Anggota SAR Tangguh Ponorogo Agus Setyo Pambudi mengatakan, sejak satu pekan lalu atau di luar jadwal tanggap darurat memang telah dilaksanakan upaya meratakan tanah dan material serta puing-puing rumah di Kelurahan Pettobo. Setelah beberapa hari pelaksanaan, ternyata jasad-jasad korban likuifaksi bermunculan dengan sendirinya.

"Mungkin tadinya tidak terlihat atau memang tertimbun. Selama dua hari ini setidaknya ada lima sampai tujuh jenasah yang tiap harinya ketemu dan kita evakuasi. Itu baru dari SAR Tangguh gabungan (Ponorogo dan daerah lain). Belum dari tim evakuasi yang lain," ungkap Agus melalui sambungan telepon kepada beritajatim.com.

Dari jenazah yang ditemukan ini, banyak juga yang masih cukup mudah untuk dikenali. Para keluarga jenasah akhirnya mengambil jenasah tersebut dan memakamkannya di makam yang diinginkan. Namun ada pula yang kemudian harus dimakamkan oleh petugas maupun relawan di lokasi bencana tersebut.

"Perataan itu pakai alat berat. Itu bukan seperti meratakan lahan untuk dibangun ya, hanya membuat lahan itu agar tidak terlalu bergelombang. Karena ketika hujan khawatir jadi cekungan air, begitu," ujarnya.

Agus sendiri belum tahu akan berada di Palu sampai kapan. Ia masih merasa keahliannya sebagai tehnisi air sekaligus evakuator jenasah masih dibutuhkan.

"Sakkesele (secapeknya) lah saya di sini. Pada saatnya nanti saya pasti akan kembali. Kemarin dari Lombok saya juga belum pulang kampung kok. Doakan saja saya sehat dan kuat di sini," pungkasnya.[beritajatim]

Komentar

x