Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 19:11 WIB

Polri Minta Kominfo Hapus Konten Hoaks Culik Anak

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 6 November 2018 | 10:33 WIB

Berita Terkait

Polri Minta Kominfo Hapus Konten Hoaks Culik Anak
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengirimkan surat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menghapus unggahan hoax di media sosial. Unggahan hoaks yang dimaksud terkait penculikan anak dan video jatuhnya Lion Air PK-LQP.

"Ada beberapa langkah yang dilakukan oleh Polri dalam mitigasi dan memerangi berita-berita hoaks. Salah satunya melakukan koordinasi dan bersurat ke Kemenkominfo dan BSSN untuk melakukan take down dan pemblokiran akun-akun penyebar hoax," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Selasa (6/11/2018).

Dedi menjelaskan Polri melakukan literasi digital dan edukasi agar masyarakat cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial. Sementara itu untuk menciptakan efek jera, para pelaku hoaks dipastikan diproses secara hukum.

"Karena perbuatan tersebut adalah melanggar UU ITE dan peraturan hukum lainnya. Polri sangat serius memberantas hoaks yang telah meresahkan masyarakat," jelas Dedi.

Berdasarkan data dari Polri, sejak Kamis (1/11) sampa Senin (5/11) tercatat ada 12 penyebar hoaks yang diamankan. 11 pelaku menyebarkan hoax tentang penculikan anak, sementara satu pelaku menyebar video tidak benar terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. [rok]

Komentar

Embed Widget
x