Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 03:59 WIB

Kapolres Jombang: Isu Penculikan Anak Hoaks

Rabu, 31 Oktober 2018 | 09:52 WIB

Berita Terkait

Kapolres Jombang: Isu Penculikan Anak Hoaks
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Jombang - Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto menegaskan bahwa kabar soal penculikan anak yang beredar secara berantai melalui sosial media (sosmed) adalah hoaks atau kabar bohong.

"Kita sudah mendapatkan keluhan dari masyarakat tentang kabar tersebut. Kami pastikan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Tidak ada kasus penculikan anak di Jombang," kata Kapolres Jombang, Rabu (31/10/2018).

Sebelumnya sejak sepekan terakhir ini kabar tentang penculikan anak beredar secara berantai. Akibatnya, orang tua yang memiliki anak masih kecil was-was. Begitu juga dengan para guru. Mereka khawatir, isu penculikan itu benar adanya.

Kapolres menambahkan, meski kabar tersebut hoaks namun orang tua dan guru harus tetas waspada dalam melakukan pengawasan terhadap anak. Semisal jika ada orang yang asing (tidak dikenal) mencurigakan di lingkungan pendidikan segera dilaporkan.

Selain itu, para guru dan orang tua, selayaknya memberikan pemahaman kepada anak agar tidak berhubungan dengan orang asing atau yang tidak dikenal.

"Kami sudah memerintahkan jajaran polsek untuk melakukan patroli dialogis ke sekolah guna menyikapi masalah ini," ujarnya.

Imbauan itu langsung direspon Polsek Gudo. Korps berseragam coklat ini melakukan patroli doalogis ke SDN Tanggungan, Kecamatan Gudo. Dalam kesempatan itu, Kapolsek Gudo AKP Yogas mengumpulkan seluruh murid dan guru. Dia menyampaikan bahwa berita soal penculikan anak yang beredar di media sosial adalah hoaks.

Meski begitu, Yogas meminta kepada para guru tetap mengedepankan kewaspadaan. Juga pihak sekolah melakukan kordinasi intensif dengan wali murid. "Semsial, pihak sekolah hanya memperbolehkan anak meninggalkan sekolah bila sudah dijemput oleh orang yang identitasnya sesuai dengan yang diberikan oleh orang tuanya," ujarnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x