Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 22:00 WIB

Panwaslu Larang Pasang Atribut Kampanye di Pohon

Rabu, 24 Oktober 2018 | 22:22 WIB

Berita Terkait

Panwaslu Larang Pasang Atribut Kampanye di Pohon
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Malang - Jangan memasang alat peraga kampanye (APK) di pohon. Hal inilah yang diserukan Panwaslu Kabupaten Malang pada semua calon legislatif di Malang Raya.

Sayangnya, sejumlah caleg masih kedapatan melakukan pelanggaran dengan menancapkan spanduk kampanye pada pohon di pinggir-pinggir jalan.

Seperti di sepanjang Jalan Raya Sukoraharjo Kepanjen hingga Jalan Raya Karangduren Pakisaji contohnya, masih terdapat APK dari salah satu caleg DPR RI yang terpasang di pohon dengan cara di paku. Tidak hanya pada satu pohon, sejumlah pohon juga terdapat APK serupa.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, George da Silva membenarkan jika pemasangan APK di pohon dengan cara di paku merupakan hal yang dilarang. Selain tidak memenuhi unsur estetika, juga dapat merusak lingkungan.

"Pelanggaran itu. Karena itu tempat publik, tidak boleh, jadi di pohon diikat, disangga di pohon tidak boleh," kata George, Rabu (24/10/2018).

Pemasangan APK sendiri sebetulnya sudah diatur dalam Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilihan Umum. Ada sejumlah tempat yang dilarang untuk dipasang APK.

"Tempat terlarang seperti di tempat ibadah, fasilitas pemerintah, terus tempat pendidikan. Itu juga tidak boleh. Harus bersih dari kampanye Caleg," terang George.

Menurut George, ada sanksi yang dapat dijatuhkan pada caleg atau partai politik bila terbukti melakukan pelanggaran pemasangan APK.

"Sanksinya ada. Kalau sanksi pelanggaran secara tertulis bisa, secara lisan boleh," tandasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x