Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 18:44 WIB

Polri: Yang Dibakar Banser NU Adalah Bendera HTI

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 24 Oktober 2018 | 13:16 WIB

Berita Terkait

Polri: Yang Dibakar Banser NU Adalah Bendera HTI
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri memastikan bendera berkalimat tauhid yang dibakar oleh Banser NU di Garut adalah bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Sebelumnya, pihak HTI membantah bendera yang dibakar adalah miliknya.

"Iya (itu bendera HTI) yang dibakar. Kita tidak ragu-ragu, itu bendera HTI," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (24/10/2018).

Dedi menjelaskan alasan menetapkan bendera yang dibakar itu adalah milik HTI. Menurut dia, dari dokument foto sebelum insiden pembakaran itu jelas bahwa bendera itu adalah simbol milik HTI yang sering dibawa jika sedang menggelar acara.

"Dari dokument foto aja bisa dilihat, kantor pusatnya, bendera itu kan itu sering dipakai kalau mereka menggelar acara. Bahwa bendera itu digunakan HTI, baik dari simbol maupun setiap event. Bendera itu selalu dibawa HTI," ujar Dedi.

Sebelumnya, insiden pembakaran bendera berkalimat tauhid itu ramai di media sosial. Oknum anggota Barisan serbaguna Nahdatul Ulama (Banser NU) membakar bendera berkalimat tahuid yang diklaim adalah bendera HTI. Ketum PP GP Ansor, Yaqut Cholil menyebut bendera yang dibakar oleh anggotanya adalah bendera milik HTI.

Sementara itu, Polres Garut telah mengamankan 3 orang dalam insiden ini. Ketiganya masih berstatus saksi.

"Saya sudah cek teman-teman di Garut, tempat di mana pembakaran itu terjadi. Sudah saya tanyakan juga ke pengurus di sana, teman-teman yang membakar itu melihat bendera tersebut sebagai bendera HTI. Saya mencoba memahami dari sudut pandang yang berbeda bahwa apa yang dilakukan teman-teman itu adalah upaya menjaga kalimat tauhid. Jika bukan bendera yang ada tulisan tauhidnya, bisa jadi, oleh mereka tidak dibakar, tetapi langsung buang saja ke comberan," kata Yaqut dalam keterangannya, Senin (22/10).

Dihubungi terpisah, juru bicara HTI, Ismail Yusanto menegaskan bahwa HTI tidak memiliki bendera. Ismail menyebut ada pembenaran yang akan

"(HTI) Ngga punya bendera, sudah ditegaskan bolak-balik. Termasuk di video yang saya unggah Instagram saya, ngga Ada. Boleh dibawa kemari deh kalau ada bendera HTI. NGGAK ADA," tegas Ismail kepada INILAHCOM, Rabu (24/10/2018). [rok]

Komentar

x