Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 10:07 WIB

BMKG Prediksi Hujan Turun Bulan November

Selasa, 23 Oktober 2018 | 20:00 WIB

Berita Terkait

BMKG Prediksi Hujan Turun Bulan November
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Sumenep - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Kabupaten Sumenep, memprediksi bahwa musim penghujan di Sumenep akan diawali pada bulan November 2017.

"Berdasarkan prakiraan musim hujan tahun 2018-2019, awal musim hujan di Sumenep akan terjad pada bulan November," kata Kepala BMKG Kalianget, Usman Kholid, Selasa (23/10/2018).

Hanya saja menurutnya, dari 27 kecamatan di Sumenep, awal turun hujan tidak bersamaan. Untuk wilayah Kecamatan Arjasa, Gayam, Kangayan, Nonggunong, Raas, Sapeken, Bluto, Ganding, Guluk-guluk, Lenteng dan Pragaan, musim penghujan dimulai pada dasarian atau 10 hari pertama hingga ketiga di bulan November 2018.

"Sedangkan untuk Kecamatan Ambunten, Batang-batang, Batuan, Batuputih, Dasuk, Dungkek, Ganding, Gapura, Giligenting, Kalianget, Gapura, Kota Sumenep, Manding, Pasongsongan, Rubaru, Saronggi, dan Kecamatan Talango, musim hujan baru akan dimulai pada dasarian I-II Desember 2018," terangnya.

Ia menjelaskan, pada peralihan musim atau pancaroba, biasanya berpotensi terjadinya angin kencang dan puting beliung.

"Masyarakat dminta untuk waspada, terutama di daerah-daerah yang setiap tahun menjadi langganan angin puting beliung. Termasuk juga cuaca ekstrem," ujarnya.

Ia mengatakan, musm pancaroba juga rawan terjadi petir dan hujan lebat berdurasi singkat yang sporadis. "Masyarakat di daerah pantai juga sebaiknya waspada terhadap dampak musim pancaroba," ucapnya.[beritajatim]

Komentar

x