Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 23:30 WIB

Pemberian Hadiah Pelapor Korupsi

KPK: Setahun Kita Terima 7.000 Laporan

Oleh : Ivan Setyadhi | Minggu, 21 Oktober 2018 | 19:32 WIB

Berita Terkait

KPK: Setahun Kita Terima 7.000 Laporan
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ada 7.000 laporan tindak pidana korupsi dari berbagai daerah di Indonesia dalam kurun waktu setahun yang masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK laode M Syarif saat berkunjung ke Makassar, Minggu (21/10/2018). Parahnya, tak semua dari laporan tersebut adalah urusan korupsi.

"Iya jumlah laporan rata-rata 7.000 per tahun tetapi laporan itu kadang-kadang bukan hanya korupsi, kadang korupsi tapi korupsi di luar kewenangan KPK. Bahkan ada KDRT dilaporkan juga ke KPK," kata Syarif.

Maish banyak laporan-laporan yang masuk nau tak bisa ditindaklanjuti KPK karena beberapa syarat seperti harus Rp 1 Miliar bilangan korupsinya. Atau, yang diduga melibatkan penyelenggara negara.

Oleh sebab itu, Syarif mengingatkan terkait pemberian uang Rp 200 juta bagi para pelapor korupsi, jangan asal melaporkan ada tindakann korupsi. Namun harus juga mengetahui syarat-syarat korupsi yang bisa dilaporkan ke KPK.

"Intinya seperti ini, mau dibayar dan tidak dibayar kita berharap kepada masyarakat melaporkan insiden korupsi yang mereka alami sendiri dan pasti dilindungi. Di web KPK sudah ada, sistem ada, nomor HP ada, fax dan email ada dan sebagainya dan jangan ragu masyarakat melaporkan kejadian korupsi di sekitarnya," paparnya.

Komentar

Embed Widget
x