Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 23:29 WIB

IndonesiaLeaks Siap Penuhi Panggilan Dewan Pers

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Minggu, 14 Oktober 2018 | 17:00 WIB
IndonesiaLeaks Siap Penuhi Panggilan Dewan Pers
(Foto: Inilahcom/MY Agam)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sekaligus pendamping IndonesiaLeaks, Abdul Manan mengaku siap untuk memenuhi panggilan Dewan Pers untuk menjelaskan terkait pemberitaan dugaan aliran dana ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan penghilangan barang bukti oleh penyidik KPK.

"Belum tahu aku apa undangannya sudah terima. Tapi kalau diundang, pasti kami datang," kata Abdul di Kantor AJI, Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Abdul yang juga salah satu inisiator penggerak IndonesiaLeaks mengaku siap untuk memberikan penjelasan kepada Dewan Pers. Sebab, apa yang dipublikasikan oleh IndoensiaLeaks merupakan produk jurnalistik.

"Kami yakin karena sudah sesuai prosedur," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Pers akan memanggil IndonesiaLeaks pekan depan terkait pemberitaan yang ramai dibicarakan. Dewan Pers akan meminta penjelasan terkait pemberitaan tersebut.

"Minggu depan ada janji ketemu dengan teman-teman di indonesianleaks," kata Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi.

Pemberitaan IndonesiaLeaks mencuat beberapa pekan terakhir, karena menyebut adanya dugaan aliran dana yang mengalir ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dan sejumlah pejabat lain dalam kasus dugaan korupsi daging import sapi dengan tersangka Basuki Hariman. Kasus korupsi itu ditangani oleh KPK.

Selain menyebut Tito dan sejumlah pejabat menerima aliran dana, IndonesiaLeaks juga dalam investigasinya menduga adanya perusakan barang bukti oleh 2 penyidik KPK yang merupakan anggota Polri. Barang bukti itu disebut sebagai 'buku merah' berisi transaksi keuangan kasus korupsi itu.[ris]

Komentar

x