Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 23:38 WIB

LBH Pers Sebut IndonesiaLeaks Punya Bukti

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Minggu, 14 Oktober 2018 | 15:02 WIB
LBH Pers Sebut IndonesiaLeaks Punya Bukti
(Foto: Inilahcom/MY Agam)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur LBH Pers Nawawi Badrudin mengatakan IndonesiaLeaks dibentuk oleh kumpulan media-media yang didalamnya ada 9 media. Mereka sepakat untuk melakukan investigasi dalam rangka mengawal penegakkan hukum.

"Informasi yang masuk ke IndonesiaLeaks menjadi sumber informasi bagi para jurnalis untuk melakukan penelusuran dan investigasi atas laporan yang diterima dengan menggunakan standar jurnalisme investigative dan profesional. IndonesiaLeaks memiliki peran untuk menjadi salah satu alat yang secara efektif digunakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan (kontrol) sosial," kata Nawawi di kantor AJI Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Nawai kemudian membantah bahwa Indonesialeaks sebagai tempat menyebarkan hoax seperti informasi hoax. Menurut dia, IndonesiaLeaks memiliki bukti soal beberapa isu yang dibuktikan.

Nawawi mengatakan, apa yang diberitakan di Indonesialeaks adalah fakta berdasarkan data.

"Pernah diucapkan oleh pihak pihak diwawancara. Ini dikatakan hoax karena pernyataan ketua KPK bahwa tak ada bukti dan rekaman CCTV. Padahal dia bilang ada rekaman CCTV dan lainnya. Ini pernah jadi rekaman CCTV," ujar Nawawi.

Nawawi menyayangkan ucapan beberapa politisi yang menyebut bahwa mereka menyebarkan hoax.

"Kami sayangkan beberapa politisi yang seolah tanpa krosecek berkomentar yang menguntungkan posisinya, apalagi disebut skenario Ratna Sarumpaet," ucap dia.

Nawawi memastikan mereka sama sekali tak memiliki tujuan politik apalagi memihak kepada salah satu calon.

" Ini sama sekali tak ada maksud dan tujuan. Ini benar independen sesuai dengan tugas jurnalistik zebagai kontrol sosial," tutur dia.

"Kami tegaskan ini bukan hoax dan bohong. Kalau ada yang menguji silahkan melalui sengketa pers seperti hak jawab dan lainnya," pungkasnya.[jat]

Komentar

x