Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:46 WIB

Proyek Alun-alun Gresik Ditargetkan Selesai 2019

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 21:11 WIB

Berita Terkait

Proyek Alun-alun Gresik Ditargetkan Selesai 2019
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Gresik - Progress pembangunan revitalisasi Alun-alun baru berjalan 70 persen. Pemkab Gresik menargetkan proyek tersebut selesai dalam dua tahun.

Proyek ini berjalan dalam 2 tahun anggaran, yakni tahun 2017 hingga 2018. Sesuai rencana, proyek senilai miliaran rupiah itu bakal diselesaikan tahun 2019.

Proyek yang sempat ditentang banyak pihak itu dianggarkan Rp9 miliar. Lalu, tahun 2017 Pemkab menganggarkan Rp7 miliar dari nilai pagu Rp9 miliar untuk melanjutkan pembangunan Islamic Center.

Anehnya, anggaran tersebut belum cukup. Dalam draf Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tercantum tambahan anggaran revitalisasi Alun-alun untuk tahun depan. Nilainya mencapai Rp2 miliar.

Menanggapi tambahan dana tersebut, spontan membuat Wakil Ketua DPRD Gresik, M.Syafi' AM terheran-heran. Bahkan, politisi asal PKB itu geram terkait dengan tambahan anggaran.

"Tambahan itu untuk apa saja, kita kok belum diberitahu," ujar Syafi' AM, Sabtu (13/10/2018).

Ia menambahkan, terkait dengan ini pemkab sudah tidak komitmen. Sebab, revitalisasi Aun-alun ditarget selesai dalam dua tahun anggaran. Ternyata, masih ada yang perlu dibenahi lagi.

"Nanti perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) akan kembali dipanggil soal penambahan anggaran ini," tambahnya.

Ketua Komisi III (Bidang Pembangunan) DPRD Gresik, Asroin Widiyana menilai progress revitalisasi Alun-alun memang terkesan lambat. Dua tahun anggaran sudah hampir selesai. Namun, belum ada perkembangan signifikan.

"Progress pembangunan harusnya dilaporkan setiap pekan dan dipertanggungjawabkan jangan asal meminta tambahan anggaran saja," ungkapnya.

Kepala DPUTR Gunawan Setiadji menyebut tambahan Rp miliar itu untuk memperindah bagian sudut bangunan, khususnya pada jogging track.

"Proyek ini akan selesai tahun 2019. Artinya, proyek revitalisasi Alun-alun menjadi Islamic Center menjadi tiga tahap. Tidak jadi dua tahap seperti target awal," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x