Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 Maret 2019 | 02:32 WIB

Kapal Bahan Bangunan Tenggelam di Laut Bawean

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 15:16 WIB

Berita Terkait

Kapal Bahan Bangunan Tenggelam di Laut Bawean
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Gresik - Sebuah kapal layar motor (KLM) Galang Sejahtera dari Pelabuhan Sidayu Lawas, Lamongan tujuan Pulau Bawean yang mengangkut bahan bangunan, dan sembako tenggelam di posisi 20 mil perairan Pulau Bawean, Gresik, Jumat (12/10/2018).

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Pasalnya, 4 anak buah kapal (ABK) KLM Galang Sejahtera menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Kasatpolair Polres Gresik AKP Noer Machfud menuturkan, seluruh ABK KLM Galang Sejahtera selamat dan tidak mengalami luka sedikit, dan saat ini telah diserahkan ke agen pemilik kapal setelah menjalani pemeriksaan.

"Laporan yang masuk ke kami hanya ada 4 ABK saja, dan semuanya telah selamat setelah dibawa ke Gresik," ujarnya, Sabtu (13/10/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, KLM Galang Sejahtera tenggelam disebabkan kerusakan pada mesin. Di satu sisi juga ada kebocoran pada lambung kapal.

Sehingga, keempat ABK sempat menguras air yang semakin tinggi dengan alat penyedot air. Namun, gelombang laut yang cukup tinggi. Ditambah cuaca agak buruk akhirnya dalam hitungan detik kapal tenggelam.

Saat tenggelam keempat ABK KLM Galang Sejahtera berusaha menyelamatkan diri dengan memanfaatkan ranting kapal. Setelah terapung-apung cukup lama di perairan ABK tersebut akhirnya diselamatkan kapal yang melintas.

"ABK KLM Galang Sejahtera sudah kami mintai keterangan yang menjadi penyebab tenggelammnya kapal,"katanya.

Sementara itu, Rosidi (45) selaku agen KLM Galang Sejahtera membenarkan kapalnya mengalami musibah dan tenggelam di perairan Pulau Bawean sebelum sampai tujuan. "Semua ABK sudah kami serahkan ke keluarga masing-masing tanpa mengalami luka atau cacat," pungkasnya. [berita jatim]

Komentar

Embed Widget
x