Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 16:27 WIB

TKN Jokowi-Ma'ruf Minta Fahri Tak Entengkan Hoax

Kamis, 11 Oktober 2018 | 15:05 WIB

Berita Terkait

TKN Jokowi-Ma'ruf Minta Fahri Tak Entengkan Hoax
Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Dedek Prayudi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Dedek Prayudi mengkritik sikap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang terkesan menyepelekan soal kasus berita bohong atau hoax.

"Pak Fahri mungkin tidak memahami ini, sehingga beberapa kali mengeluarkan statemen yang terkesan mengentengkan bahaya berita bohong dan tuduhan bohong. Beliau di beberapa kesempatan menganggap bahwa kasus ini sebaiknya berhenti sampai permohonan maaf," katanya dalam keterangan persnya, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, dalam demokrasi yang maju, substansi dan metode penyampaian pendapat dan berita memiliki pengaruh sangat sentral dalam tumbuhkembangnya peradaban. Cara berdemokrasi menentukan kemana arah peradaban bangsa, apakah kemajuan atau kehancuran.

"Terkait dengan berita bohong yang disertai tuduhan, baik itu secara eksplisit maupun implisit, mengarahkan peradaban demokrasi kita menjadi demokrasi yang penuh kebohongan dan merupakan akar dari pecah belah. Hal serupa pernah dilakukan oleh penjajah Belanda hingga ISIS," jelasnya.

Dedek meminta kepada Fahri Hamzah dan siapapun yang dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk tidak melulu memainkan kasus hukum ini di ranah opini politik, melontarkan pembenaran-pe benaran, melemparkan tuduhan-tuduhan pengalihan isu.

Namun Dedek menilai dengan bergulirnya kasus pengkuan bohong Ratna Sarumpaet ini ada kesan pihak Fahri Hamzah tetap merasa benar meski sudah meminta maaf karena ikut menyebarkan kebohongan Ratna.

"Kalau memang sudah pernah mengaku salah, maka bersikaplah seperti orang yang salah. Kami menangkap kesan bahwa pak Fahri justru merasa paling benar, karena sudah pernah mengaku salah. Permintaan maaf memang harus dimaafkan," katanya.[jat]

Komentar

Embed Widget
x