Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 16:14 WIB

KPK Perpanjang Masa Penahanan Eni Saragih

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 10 Oktober 2018 | 19:40 WIB

Berita Terkait

KPK Perpanjang Masa Penahanan Eni Saragih
Eni Maulani Saragih - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melakukan perpanjangan penahanan terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih.

Eni, bakal ditahan lebih lanjut selama 30 hari ke depan."Perpanjangan berlaku dari 12 Oktober hingga 10 November 2018," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018).

Perpanjangan dilakukan terhadap Eni untuk menggali peran pihak lain yang diduga ikut terlibat dalam praktik suap pengurusan proyek PLTU Riau.

"KPK sedang terus memperkuat bukti-bukti dalam kasus ini dan dalam waktu 30 hari di perpanjangan penahanan kedua ini akan menyelesaikan proses Penyidikan dan lanjut pada tahap berikutnya," tandas Febri.

Sebagai informasi, sejauh ini KPK baru menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-I tersebut.

Ketiga tersangka itu yakni bos Blackgold Natural Recourses Limited Johannes Budisutrisno Kotjo (JBK) yang saat ini berkasnya telah masuk ke tahap penuntutan sebagai pihak pemberi suap.

Sementara 2 tersang lainnya, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI EniMaulani Saragih (EMS), serta mantan Menteri Sosial Idrus Marham (IM) masih menjalani tahap penyidikan di KPK.

Eni bersama dengan Idrus diduga menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Uang itu adalah jatah Eni untuk memuluskan perusahaan Kotjo sebagai penggarap proyek PLTU Riau-I.

Penyerahan tersebut dilakukan secara bertahap dengan rincian Rp4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp2,25 miliar pada Maret-Juni 2018. [ton]

Komentar

Embed Widget
x