Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 08:40 WIB

Laporkan Korupsi Dapat Rp200 Juta, Ini Kata KPK

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 10 Oktober 2018 | 00:11 WIB

Berita Terkait

Laporkan Korupsi Dapat Rp200 Juta, Ini Kata KPK
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43/2018 tentang pemberian penghargaan jika melaporkan dugaan praktik korupsi.

Dalam aturan tersebut, pelapor informasi dugaan korupsi kepada penegak hukum bakal diberikan penghargaan premi hingga Rp200 juta.

"Diharapkan nanti masyarakat semakin banyak melaporkan kasus korupsi. Saya kira positif kalau memang ada peningkatkan kompensasi terhadap pelapor," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Selasa (9/10/2018).

Febri menjelaskan, KPK sebenarnya sejak awal terlibat dalam proses penyusunan aturan ini. Dikatakan, pada prinsipnya, KPK mendukung setiap pelapor dugaan korupsi sudah seharusnya mendapat penghargaan yang patut dari segi jumlah maupun cara pemberian penghargaan.

"Patut dalam artian jumlah dan juga cara. Kalau pelapor tentu saja caranya pemberiannya tidak dilakukan secara terbuka ya. Tapi, juga diperhatikan aspek-aspek perlindungan terhadap pelapor tersebut. Patut dari segi jumlah dan segi cara sebagai penghargaan bagi para pelapor," katanya.

Meski demikian, KPK mengingatkan masih terdapat sejumlah pekerjaan rumah untuk memaksimalkan upaya pemberantasan korupsi. Salah satunya terkait perlindungan pelapor, saksi dan ahli. [ton]

Komentar

Embed Widget
x