Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:46 WIB

DPR Harap TNI Tingkatkan Operasi Non-Militer

Sabtu, 6 Oktober 2018 | 01:21 WIB

Berita Terkait

DPR Harap TNI Tingkatkan Operasi Non-Militer
Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni berharap TNI terus meningkatkan sinergitas dengan lembaga penegak hukum dalam memperingati Dirgahayu ke-73 Tahun hari Jumat (2/10/2018). Menurut dia, peran aktif TNI dalam operasi non militer patut diapresiasi.

Misalnya, peran TNI dalam membantu kemanusiaan dan rehabilitasi atas bencana yang melanda Indonesia belakangan ini yakni gempa di Lombok NTB dan gempa bumi serta tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

"Kita semua tentunya merasa terpanggil membantu para korban bencana, peran serta TNI melalui operasi non militer dalam bantuan terhadap korban bencana sangat luar biasa. Penyaluran logistik dan evakuasi korban menggunakan pesawat Hercules, kita patut acungi jempol," kata Sahroni.

Menurut dia, pelibatan pencarian korban yang belum ditemukan hingga proses pembangunan atau rehabilitasi keseluruhannya melibatkan unsur TNI. Maka, ini bukti nyata TNI untuk masyarakat dan Indonesia yang berduka atas bencana alam.

Di samping itu, Sahroni mengatakan TNI dan Polri juga perlu sinergi dalam menjaga wilayah perbatasan NKRI. Menurut dia, sudah banyak penangkapan di wilayah perairan dan perbatasan yang dilakukan TNI sepanjang 2018.

"Walaupun secara UU dinyatakan peran TNI sebagai penjaga kedaulatan, penjagaan keamanan dan penegakan hukum di wilayah perbatasan dirasakan sangat memerlukan sinergitas antara lembaga penegak hukum dengan TNI," ujarnya.

Kemudian, Sahroni menilai komunikasi antara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sangat baik dan bagus sehingga minim aksi bentrok antara TNI dengan Polri.

"Panglima TNI dan Kapolri berkomitmen akan meningkatkan sinergitas, menjaga kekompakan dengan lembaga lain. Pemberian sanksi tegas terhadap para oknum yang terlibat kejahatan hingga bentrokan juga tentunya membuat TNI dan Polri semakin profesional sepanjang tahun 2018," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x