Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 08:40 WIB

Gempa dan Tsunami di Sulteng

Pemerintah Butuh Pesawat Angkut untuk Bantu Korban

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 2 Oktober 2018 | 18:35 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Butuh Pesawat Angkut untuk Bantu Korban
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengatakan pemerintah membutuhkan bantuan pesawat angkut udara untuk mengirimkan logistik kepada warga Palu, Sulawesi Tengah pasca dilanda musibah gempa dan tsunami.

Wiranto mengaku sudah menemui para duta besar negara sahabat yang ingin memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Menurutnya yang dibicarakan terkait keperluan yang dibutuhkan saat ini.

"Dubesnya kita kumpulkan, kita bicarakan kemarin sore apa kiranya kita butuhkan, yang kita butuhkan adalah pesawat angkut udara," kata Wiranto di Istana Negara, Selasa (2/10/2018).

Menurut dia, ada 18 negara sebenarnya sudah menyampaikan keinginan untuk membantu. Bahkan, sampai pagi ini sudah terdaftar 14 negara yang jelas-jelas sudah membantu.

"Sehingga untuk pesawat udara jenis C130 Hercules itu kira-kira sudah hampir 10 pesawat yang akan diperbantukan kepada AU," ujarnya.

Menurutnya, pesawat C130 Hercules merupakan pesawat angkut jenis berat, karena jenis pesawat ini bisa mendarat secara efektif pada landasan pacu 2000 meter. "Hanya C130 Hercules yang bisa short landing dan short take off," ucapnya.

Ia mengatakan sudah banyak negara yang menyumbang, antara lain Singapura, Korea, Malaysia, India, Amerika Serikat juga bisa untuk bantu pesawat angkut C130.

"Ini tentu sangat membantu. Dengan bantuan itu, maka angkutan udara lebih lancar, lebih rapid, lebih sering masuk dari semua jurusan dari Jakarta, Balikpapan, Makassar. Itu angkutan udara yang kita butuhkan," jelasnya.

Komentar

Embed Widget
x