Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 01:03 WIB

Gempa dan Tsunami di Sulteng

Ini Alasan Jokowi Tak Tetapkan Bencana Nasional

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 2 Oktober 2018 | 13:05 WIB

Berita Terkait

Ini Alasan Jokowi Tak Tetapkan Bencana Nasional
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan pemerintah tak menetapkan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sebagai bencana nasional.

Menurutnya, hal yang paling penting dilakukan pemerintah saat ini ialah menangani warga Palu, Sulawesi Tengah yang baru saja dilanda bencana tersebut. Bukan fokus terhadap penetapan status bencana nasional.

"Hal yang paling penting itu penanganannya yang cepat. Segera menyelesaikan masalah-masalah di lapangan," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Ia menuturkan, alat-alat berat yang kemarin belum masuk sekarang sudah mulai bisa memasuki lokasi bencana. Bahkan, mulai hari ini alat-alat berat tersebut sudah mulai dioperasikan.

"Memang, masih ada lagi problem yang harus diselesaikan satu persatu. Juga BBM tapi problemnya SPBU-nya alat-alatnya rusak, proses mendistribusikan ke masyarkat masih sedikit masalah tapi mudah-mudahan sore ini bisa diselesaikan," ujarnya.

Lebih jauh, Jokowi merencanakan adanya SPBU portable yang diarahkan ke Palu dan sekitarnya untuk menyediakan kebutuhan bahan bakar di sana.

"Maka, penanganan yang paling penting untuk masyarakat Palu yang baru saja mendapatkan musibah. Saya kira yang penting bagi saya penanganan yang cepat, bukan hanya masalah prosedur, bukan masalah administrasi, ini bencana apa, ini bencana apa," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x