Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Maret 2019 | 05:21 WIB

Kemarau, Bojonegoro Mulai Kekeringan

Jumat, 28 September 2018 | 17:11 WIB

Berita Terkait

Kemarau, Bojonegoro Mulai Kekeringan
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Bojonegoro - Ratusan embung yang digunakan sebagai penampung air saat musim hujan kini mulai kering.

Air tampungan tersebut berfungsi sebagai irigasi pertanian dan serapan saat musim kemarau. Saat musim kemaru, air tampungan juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Bojonegoro, Edi Susanto mengatakan, dari sebanyak 527 embung kini sebagian besar sudah kering.

"Memang kalau musim kemarau banyak embung yang kering," ujarnya, Jumat (28/9/2018).

Saat kondisi embung kering, DPU SDA melakukan beberapa intervensi program diantaranya, intervensi dalam pembangunan, normalisasi dan perluasan. "Tiap tahun kita anggarkan terus untuk pengembangan embung itu," kata Edi Susanto.

Untuk tahun 2018, anggaran yang disiapkan didalam APBD Induk adalah sebesar Rp1 miliar lebih. Sementara dari target pembangunan sebanyak 35 embung, baru terlaksana sebanyak 25 embung. Salah satu embung yang saat ini masih dalam proses perluasan.

"Sekarang yang dalam proses perluasan di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem. Sedangkan tahun ini target pembangunan 32 embung, sudah selesai 27 dan masih dalam proses ada lima embung," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

x