Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 01:07 WIB

Dubes RI untuk Saudi: Belum Ada Pencekalan HRS

Jumat, 28 September 2018 | 17:02 WIB

Berita Terkait

Dubes RI untuk Saudi: Belum Ada Pencekalan HRS
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi (KAS) Agus Maftuh Abegebriel angkat bicara terkait polemik Habib Rizieq Shihab (HRS) yang dikabarkan tidak bisa pulang.

Sebagaimana diberitakan, HRS dikabarkan dicekal. Isu yang beredar Imam Besar FPI itu tidak bisa kembali karena terkait Pemilu 2019. Banyak yang menunggu pilihan politiknya.

"Menanggapi berita yang beredar tentang pencekalan seorang WNI a/n Mohammad Rizieq Syihab (MRS, nama sesuai pasport) no passport B- 3260997, kami tegaskan bahwa sampai hari ini KBRI Riyadh belum menerima nota diplomatik dari Kementerian Luar Negeri (Wazarah Kharijiyyah) Kerajaan Arab Saudi terkait hal tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumt (28/9/2018).

Dia menjelaskan KBRI Riyadh sebagai lorong komunikasi antara Indonesia dan Arab Saudi sama sekali tidak pernah menerima Nota atau pun Brafaks dari Menlu RI, Kapolri, Ka-Bin dan Pejabat Tinggi yang lain terkait keberadaan MRS di Arab Saudi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia menghargai rambu-rambu politik Luar Negeri Non-Interference ('adamu at tadahhul/tidak intervensi) urusan dalam negeri Arab Saudi.

"Segala bentuk pelarangan dan hukuman terhadap pelanggaran yang dilakukan WN Arab Saudi juga diberlakukan bagi ekspatriat yang berada di Arab Saudi, dan perlakuan terhadap semua ekspatriat di wilayah KAS adalah sama dalam penanganannya yang didasarkan pada hukum yang berlaku di KAS sesuai dengan tingkat pelanggarannya tanpa adanya diskriminasi," katanya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x