Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 21:58 WIB

KPU Ingatkan Masyarakat Gunakan Hak Pilih di 2019

Oleh : Agus Iriawan | Selasa, 25 September 2018 | 11:45 WIB

Berita Terkait

KPU Ingatkan Masyarakat Gunakan Hak Pilih di 2019
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman - (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan KPU akan selalu melontarkan terus slogan pemilih berdaulat dalam Pemilu 2019.

"Karena pemilih berdaulat itu ukurannya adalah mereka yang memang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih dia harus masuk dalam daftar pemilih. Mereka yang sudah masuk dalam daftar pemilih dia harus terus diingatkan supaya menggunakan hak pilihnya," kata Arief di Hotel Bidakara,Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).

Arief mengungkapkan ketika masyarakat menggunakan hak pilihnya, maka mereka harus diingatkan gunakan hak pilih dengan benar artinya tidak salah agar tidak menyebabkan invalid.

"Beberapa tahapan itu, itulah yang terus dilakukan oleh KPU supaya orang yang berhak untuk memilih bisa menggunakan hak pilihnya dan ketika dia menggunakan hak pilihnya dia menggunakan hak pilihnya dengan benar," ujarnya.

Selain itu, tingkat kerawanan-kerawanan terutama menyangkut hak pilih memang ini yang sebetulnya paling prioritas harus menjadi perhatian KPU.

"Karena inti dari pemilu itu kan sebetulnya mentransfer suara pemilih menjadi kursi - kursi yang dikuasai oleh orang orang yang memang kita pilih untuk mewakili kita," ucapnya.

Ia menyebutkan bagi siapa saja yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih maka harus dipastikan mereka masuk dalam daftar pemilih tetap. Saat ini sedang on going proses kemarin pihaknya sepakati dalam waktu 60 hari dari tanggal 16 September 2018 kemarin.

"Mudah-mudahan ini bisa selesai dengan baik tetapi ini kan tidak bisa hanya diselesaikan oleh KPU tetapi pemerintah selaku pemegang data kependudukan juga harus mensupport ini kemudian temen-temen pengawas pemilu dia terus mendorong menyampaikan informasi-informasi dan temuannya untuk ditindak lanjuti nah kemudian faktor ketiga yang juga penting adalah pemilih itu sendiri," jelasnya.

Dia juga menghimbau agar pemilih juga harus aktif bila ada petugas KPU datang ke tempat mereka, teryata mereka berkali-kali tidak bisa ditemui itu tentu menjadi problem tersendiri dan itu real terjadi di lapangan. [rok]

Komentar

Embed Widget
x