Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 18:43 WIB

Pengambilan Nomor Pilpres 2019

KPU Pastikan Tak Ada Pengamanan Khusus

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 21 September 2018 | 15:07 WIB

Berita Terkait

KPU Pastikan Tak Ada Pengamanan Khusus
Ketua KPU RI, Arief Budiman - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPU RI, Arief Budiman memastikan tidak ada pengamanan ketat saat pengambilan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024, Jumat (21/9/2018).

"Enggak, biasa saja. Ini kan momentum biasa saja yang semua orang harus menyambut dengan riang gembira. Jadi, pengamanan kalau menimbulkan kemacetan akan diamankan. Untuk menghindari terjadinya gesekan ya, akan dijaga jaraknya," kata Arief di Jakarta.

Menurutnya, yang diperkenankan masuk dalam proses pengundian nomor urut untuk dua kandidat pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hanyalah penyelenggara pemilu.

Para penyelenggara pemilu yang diperkenankan itu antara lain KPU, Bawaslu, DKPP, perwakilan pemerintah, DPR dan NGO (non government organization) alias lemaga non keperintahan.

Sementara itu, Arief mengatakan untuk partai politik sudah bergabung dengan tim pendukung. Dia menegaskan hari ini yang menjadi sorotan dalam acara bukanlah partai politik, melainkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Makanya kami memberikan kuota silahkan masing-masing paslon mengatur di internal mereka. Kan banyak partai bergabung disitu, silahkan diatur," tandasnya.

Untuk diketahui, KPU telah menetapkan Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi sebagai kandidat pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Penetapan diumumkan pada Kamis (20/9/2018). Hari ini mereka sedianya bakal mendatangi KPU untuk mengambil nomor urut mereka di Pemilu 2019.

Komentar

x