Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 20:48 WIB

Kisruh Buwas-Mendag, DPR akan Rapat Gabungan

Kamis, 20 September 2018 | 19:15 WIB
Kisruh Buwas-Mendag, DPR akan Rapat Gabungan
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasludin mengatakan bakal mengundang Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) untuk rapat gabungan bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membahas terkait polemik impor beras.

Sebab, Buwas bersikukuh tidak perlu ikut rapat koordinasi di pemerintah membahas persoalan beras ini. Sehingga, anggota dewan berinisiasi untuk mengundang pemerintah termasuk Buwas dalam rapat dengar pendapat gabungan.

""Itu Pak Buwas ogah rapat dengan pemerintah, nanti DPR Komisi IV yang undang pasti Bulog datang. DPR bisa mengundang rapat gabungan Komisi IV dan VI sebagai fungsi pengawasan DPR," kata Akmal di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR, Viva Yoga mengatakan jika Budi Waseso tidak mau rapat kordinasi dengan pemerintah, maka Direktur Utama Bulog itu harus datang jika diundang DPR.

"Polemik importasi beras di internal pemerintahan antara Kemendag dan Bulog adalah bukan yang pertama kalinya, sering konflik kebijakan antar kementerian dan menimbulkan kecurigaan negatif dari publik ada potensi moral hazzard atas importasi beras," ujarnya.

Menurut dia, tujuan rapat komisi gabungan untuk menjelaskan tentang data produksi pangan (beras), mengetahui kebutuhan konsumsi pangan dan Bulog menyampaikan jumlah penyerapan gabah dan beras petani lokal.

"Kemudian, rapat digelar untuk membahas perlindungan, pemberdayaaan dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia," jelas dia.[ris]

Komentar

Embed Widget
x