Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 22:54 WIB

PDIP Komitmen Tak Akan Masukkan Caleg Eks Napi

Oleh : Agus Irawan | Minggu, 16 September 2018 | 16:40 WIB

Berita Terkait

PDIP Komitmen Tak Akan Masukkan Caleg Eks Napi
Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan partainya tetap berkomitmen tidak akan memasukan mantan narapidana korupsi ke dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) Pemilu 2019.

"PDIP tetap melaksanakan PKPU soal larangan mantan narapidana sebagai caleg, walau tetap menghormati putusan MA tersebut," kata Eva saat dihubungi INILAHCOM, Minggu (16/9/2018).

Eva mengaku pelaksanaan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang mantan narapidana korupsi nyaleg adalah upaya yang diinginkan PDIP untuk meningkatkan akuntabilitas partai.

"Seperti test psychology untuk bacaleg, calon pimpinan daerah. Panca prasetya PDIP kepada rakyat anti korupsi ke dalam kurikulum sekolah partai (KPK sebagai narsum)," ujarnya.

Selain itu, sanksi tegas dari partainya soal pemecatan kader yang terkena OTT, kerjasama dalam program KPK (parpol berintegritas) memperoleh ISO management tingkat Asia.

"Jadi PKPU sebenarnya bagian dari komitmen politik PDIP terhadap program anti korupsi. DCS clear n clean dari bacaleg yang eks koruptor," sebutnya.

Sebelumnya, Juru bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi mengatakan, MA telah mengabulkan permohonan gugatan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang mantan narapidana korupsi nyaleg. Namun dengan putusan tersebut mantan koruptor bisa kembali nyaleg di Pemilu 2019. [ton]

Komentar

x