Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 22:56 WIB

Tak Ditahan Setelah 15 Jam Pemeriksaan

Eks Walkot Depok Dicecar 60 Pertanyaan

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 14 September 2018 | 16:54 WIB

Berita Terkait

Eks Walkot Depok Dicecar 60 Pertanyaan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Tipikor Polresta Depok telah melakukan pemeriksaan terhadap Mantan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, Kamis (13/9) kemarin.

Argo menjelaskan, Nur Mahmudi menjalani pemeriksaan kurang lebih selama 15 jam lamanya, dari pukul 08.30 hingga 23.40 WIB. Dalam pemeriksaan, Nur Mahmudi dicecar sebanyak 60 pertanyaan.

"Jadi dari pemeriksaan itu ada 60 lebih pertanyaan yang disampaikan, berkaitan dengan perizinan dan juga masalah proses anggaran seperti apa, garis besarnya seperti itu. Kemudian penyidik juga beri hak tersangka, haknya seperti makan siang, sholat, dinner, dan pemeriksaan didampingi oleh penasehat hukum," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (14/9/2018).

Ia menyatakan dalam kassu ini polisi sudah memeriksa setidaknya 80 orang saksi.

"Sudah ada sekitar 80an saksi yang diperiksa, yaitu saksi ahli, dan ada petunjuk yang didapatkan nanti akan kita cek kembali apakah masih ada keterangan saksi lain yang dimintai keterangan. Seandainya sudah cukup akan segera kita berkas, kita kirim ke kejaksaan," ujarnya.

Soal tidak ditahannya politisi PKS itu, Argo mengatakan, kalau hal itu tak wajib dilakukan. Sebab, polisi melihat Nur Mahmudi sangat koperatif dalam kasus ini.

"Subjektifitas penyidik ya. Dan tidak wajib, tidak harus, tapi itu subjektifitas penyidik ya, yang bersangkutan kooperatif pda saat dimintai keterangan. Itu semua adalah kewenangan penyidik terhadap tersangka," pungkas Argo. [hpy]

Komentar

x