Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 23:54 WIB

Bareskrim Kembali Ungkap 896 Kasus Narkoba

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 14 September 2018 | 16:02 WIB

Berita Terkait

Bareskrim Kembali Ungkap 896 Kasus Narkoba
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Eko Daniyanto mengatakan pekan kedua bulan September, pihaknya berhasil mengungkap 896 kasus narkoba atau naik 72 persen dibanding pada pekan pertama bulan September.

"Kurang lebih 72 persen dari 503 kasus pekan pertama naik menjadi 896 kasus di pekan kedua. Berarti kegiatan yang dilakukan oleh para Dir wilayah jajaran tentang bagaimana mengungkap kasus narkotika termasuk ada operasi Nila Cipta kondisi," katanya di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018).

Eko mengatakan jumlah tersangka yang ditangkap pun naik drastis. Setidaknya ada 1.138 tersangka yang berhasil ditangkap pada pekan kedua dibanding pada pekan pertama yakni 659 tersangka.

"Kemudian juga kalau kita melihat jumlah tersangka sama halnya kalo LP nya katakan ada 800 berarti tersangka kalikan dua kalikan 3 jadi mengalami suatu kenaikan juga," bebernya.

"Makanya bila dibandingkan dengan minggu kedua hari pertama naik dari dari 659 jadi 1138 tersangka jadi naik kurang lebih 72% juga," sambung dia.

Eko melanjutkan untuk jumlah barang bukti yang berhasil diamankan adalah 56,3 Kg Sabu, 968 Kg Ganja, dan 6700 butir pil ekstasi. Jumlah barang bukti ini naik 72 persen dibanding pada pekan pertama.

Sementara itu, Eko menjabarkan pada pekan kedua ini, pihaknya mengungkap beberapa kasus narkotika yang cukup menonjol. Kasus yang menonjol diantaranya yang diungkap oleh Subdit 3 Bareskrim Polri, Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Utara dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung.

"Ada beberapa kasus menonjol di Minggu kedua, Pertama yang diungkap oleh subdit 3 Bareskrim mengamani 17 Kg ini jaringan sedang dikembangkan. Kemudian juga Kaltara semalam melaporkan berhasil mengungkap narkotika jenis sabu sebanyak 5 Kg yang dibawa menggunakan kapal nelayan yang mesin tempel dari daerah Sebatik Timur Nunukan yang dibawa dari Malaysia yang nantinya akan dibawa ke Sulawesi Selatan," paparnya.

"Kemudian yang ketiga Polda Lampung di mana dengan adanya mobil x-trail jadi berhasil mengungkap kurang lebih 350 Kg ganja yang modusnya yaitu dititip dengan buah-buahan jeruk jadi ganjanya dalam di bawah di atas sebuah belahan," sambung Eko

Terakhir, Eko mengingatkan kepada para mafia narkoba untuk tidak bermain-main dengan barang haram tersebut. Jika masih tetap berani mengirim narkoba ke Indonesia, tindakan tegas sudah pasti akan diterapkan.

"Jangan main-main dengan Indonesia. Kita ambil tindakan tegas. Kami sudah diperintahkan untuk melakukan tindakan tegas." tegasnya. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x