Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 September 2018 | 23:34 WIB

Soal Debat Capres Bahasa Inggris, Ini Kata PSI

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 14 September 2018 | 15:21 WIB

Berita Terkait

Soal Debat Capres Bahasa Inggris, Ini Kata PSI
Sekjen PSI Raja Juli Antoni - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakakrta - Sekjen PSI Raja Juli Antoni ikut mengomentari soal usulan debat capres menggunakan bahasa inggris. Ia menyebut sudah seharusnya debat menggunakan bahasa inggris agar rakyat tahu pandangan-pandangan para Capres.

"Kalau punya ide dan usulan jangan norak. Kembalikan kepada tujuan debat itu apa? Kita ingin rakyat tahu apa isi kepada calon presiden kita. Rakyat ingin tahu jejak rekam calon presiden," katanya di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Ia menyebut Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa. Bahasa ini sudah paling pas digunakan karena bahasa ini bisa dimengerti di seluruh kalangan. Ia mengaku belum semua kalangan di Indonesia bisa akan sangat cepat memahami debat dalam bahasa inggris.

"Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan kita. Izinkan rakyat di desa-desa mengerti apa yang dibicarakan oleh para kandidat mereka. Saran saya siapkan saja materi debat yang baik agar rakyat yakin bahwa kandidat Anda terbaik. Latihan yang banyak agar bicara kebijakan konkret, tidak hanya retorika," imbuhnya.

Toni juga tidak setuju dengan usulan timses Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menantang balik kubu Prabowo-Sandiaga untuk tes membaca Alquran dan tes salat. Ia menegaskan, debat harus dilakukan untuk menguji intelektual, bukan soal bahasa.

"Saya juga menolak usulan debat cawapres dengan bahasa Arab kalau tujuannya hanya menunjukkan Sandi nggak bisa bahasa Arab. Ayo diskusi yang lebih cerdas, kalau punya ide usulan jangan norak," tandasnya. [hpy]

Komentar

x