Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 23:03 WIB

KPK Panggil Ketua Pengadilan Negeri Medan

Oleh : Ivan Sethyadi | Jumat, 14 September 2018 | 10:59 WIB

Berita Terkait

KPK Panggil Ketua Pengadilan Negeri Medan
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Pengadilan Negeri Medan Marsudin Nainggolan dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

Marsudin bakal diperiksa dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara (die) di PN Medan.

"Marsudin dipanggil sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka TS (Tamin Sukardi)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Selain itu, penyidik juga memanggil dua orang pengacara untuk dimintai keterangan. Mereka yakni Fachruddin Rifai dan Suhardi dari Law Firm Astralindo. "Keduanya juga akan diperiksa untuk tersangka TS," kata Febri.

Pada perkara ini, KPK baru menetapkan hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Medan Merry Purba, panitera pengganti PN Medan Helpandi, Direktur PT Erni Putra Terari, Tamin Sukardi, dan Hadi Setiawan selaku orang kepercayaan Tamin, sebagai tersangka. Namun, Hadi saat ini belum tertangkap.

Merry diduga menerima suap sebesar 280 ribu dollar Singpura dari Tamin selaku terdakwa korupsi penjualan tanah yang masih berstatus aset negara. Uang tersebut diberikan kepada Merry diduga untuk mempengaruhi putusan majelis hakim pada perkara yang menjerat Tamin.

Merry merupakan salah satu anggota majelis hakim yang menangani perkara Tasmin. Sementara ketua majelis hakim perkara Tasmin yakni Wakil Ketua PN Medan Wahyu Prasetyo Wibowo. Dalam putusan yang dibacakan pada 27 Agustus 2018, Mery menyatakan dissenting opinion.

Tamin divonis 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan dan uang pengganti Rp132miliar.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 10 tahun pidana penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan dan uang pengganti Rp132 miliar. [rok]

Komentar

x