Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 18:03 WIB

Jaga Netralitas Polri

Tito Terapkan Sistem Seperti Pilkada di Pilpres

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 13 September 2018 | 14:19 WIB

Berita Terkait

Tito Terapkan Sistem Seperti Pilkada di Pilpres
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian kembali mengingatkan anggota untuk netral dalam gelaran Pemilu 2019. Tito menerapkan sistem yang sama saat Pilkada serentak 2018 kemarin.

"Sama kaya Pilkada 2018 lalu, sudah mengeluarkan maklumat, panglima TNI juga mengeluarkan (maklumat untuk anggota TNI)," kata Tito di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Tito mengatakan untuk mewujudkan TNI-Polri netral yakni dengan meminta anggota untuk tidak berswafoto dengan pasangan calon Pilpres ataupun caleg. Sejumlah sanksi sudah disiapkan jika anggota melanggar.

"Ada sanksinya tidak boleh berpoto dengan paslon, ikut dalam kampanye dll. Sanksinya bisa mulai dari teguran, demosi, sampai dipecat," jelas Tito.

Tito kemudian mengatakan, Polri masih akan mengerahkan sejumlah Satgas yang sebelumnya diterjunkan saat Pilkada 2018. Satgas Nusantara, Satgas Money Politik, hingga Satgas Pangan dikerahkan untuk memantau pengamanan perhelatan Pilpres 2019.

"Tetap jalan. Satgas Nusantara jalan, Satgas Saber Pungli jalan, Satgas Pangan tetap jalan. Tetap jalan semuanya," ujar Tito.[jat]

Komentar

x