Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 16:27 WIB

Kena Panas,Gudang Tembakau di Bojonegoro Kebakaran

Kamis, 6 September 2018 | 18:55 WIB

Berita Terkait

Kena Panas,Gudang Tembakau di Bojonegoro Kebakaran
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Bojonegoro - Gudang pengeringan tembakau yang terletak di RT 23, RW 04, Dusun Bulurejo, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro terbakar, Kamis (6/9/2018).

Kebakaran oven tembakau itu dilaporkan terjadi tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB. Akibat kebakaran tersebut, pemilik oven tembakau, Haji Supiyo (65) mengalami kerugian material yang ditaksir mencapai Rp40 juta.

Tak hanya itu, sebanyak 8,5 ton tembakau yang sedang dikeringkan terbakar sehingga bangunan mengalami rusak sedang. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

Kepala Bidang Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno menjelaskan pemadaman gudang terbakar itu dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran Pos Kedungadem, Temayang dan Kota serta dibantu masyarakat setempat.

"Selesai pemadaman pukul 14.45 WIB dengan menggunakan empat unit mobil damkar dari Pos Kedungadem, Temayang dan Pos Kota dengan personil 12 orang," ujarnya.

Kebakaran diduga akibat dari gantangan tembakau yang sudah kering jatuh dibara api yang digunakan untuk pemanas. Selanjutnya, lanjut Sukirno, api dengan cepat menyambar ke bangunan karena cuaca yang panas serta angin bertiup kencang.

"Angin bertiup kencang dan cuaca yang panas sehingga mempercepat kebakaran dan jalan menuju lokasi sempit menjadi salah satu kendala pemadaman," imbuhnya.

Kasus yang sama sebelumnya juga terjadi di RT 3 RW 1 Dusun Ngulan, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (1/9/2018) siang. Kebakaran diduga juga berasal dari gantangan tembakau yang jatuh dan mengenai bara api.

Sukirno mengimbau kepada pemilik oven tembakau agar melengkapi sistem proteksi kebakaran terutama alat pemadam api ringan (Apar). "Dan diimbau dibawah gantangan diberi pengaman," ucapnya.

Komentar

Embed Widget
x